Wednesday, January 16, 2008

"Anjing di bawah meja tuannya"

MyWeddingMinggu Kliwon, 9 Desember 2007 adalah hari bersejarah bagiku. Itulah hari saat aku mengucapkan janji perkawinan di hadapan publik secara resmi. Aku menikah dengan Leobarda Dini Purwanti secara sipil, tidak secara sakramental.

Bagi kebanyakan orang, hari perkawinan adalah hari bahagia. Ucapan "Selamat menempuh hidup baru semoga berbahagia" juga kami terima dari kerabat dan orang-orang yang menyaksikan perkawinan kami di hari itu dan hari-hari berikutnya. Ada yang secara langsung, ada pula yang melalui telepon maupun SMS. Namun, ucapan itu terasa aneh! Karena perasaanku hari itu memang tidak karuan. Bagaimana tidak, perkawinanku ini lain dari yang lain!

Untuk peristiwa perkawinan seperti diriku dan Dini ini, jumlah orang yang hadir di aula gereja Kiduloji termasuk istimewa. Ada sekitar 200-an orang. Kerabat dan keluarga dekat, teman-teman, kenalan dan bekas anak dampingan hadir menjadi saksi. Malah ada sahabatku seorang muslim rekan seperusahaan yang mengirimkan juru shooting video. Kehadiran mereka aku terima sebagai dukungan yang sangat bernilai. Dan memang, upacara perkawinanku di luar gedung ibadat itu menjadi terkesan sedikit meriah.

Namun aku tahu, di dalam lubuk hati mereka yang mengenal kami berdua tersemat kesedihan dan menyayangkan peristiwa itu. Beberapa kerabat dekatku ada yang tidak kuasa menahan tangis. Beberapa ada juga yang tidak mampu menutupi perasaan benci atas perkawinan itu. Bahkan ada juga yang mengirimkan pesan singkat mengutarakan hatinya yang "kelara-lara".

Aku sendiri ingin merasakan kebahagiaan sebuah hari perkawinan. Mulai malam midodareni dan hari-hari sebelumnya aku berusaha untuk berwajah gembira supaya hatiku turut tersetting demikian. Selama upacara pemberkatan janji perkawinan dan pesta kecil di rumah istriku pun aku membiarkan diri tersenyum dan tertawa, sampai pipi terasa kram. Namun aku mengakui, ada kepedihan tertoreh di hati demi menyadari itu semua. Dan belakangan aku harus mengakui juga bahwa kehadiran orang sebanyak itu lebih memberi dukungan kepada kedua orang tuaku yang tak bisa lagi aku membayangkan perasaan mereka.

Aku kesulitan menggambarkan suasana hatiku di hari itu. Campur aduk tak terkatakan. Gembira dan pedih menjadi satu. Namun untuk sebuah awal perjalanan babak hidup baru, hari itu memberi kesan lebih mendalam: sebab, tidak boleh ada ungkapan syukur atas perkawinanku!

Minggu Kliwon sore di hari yang sama, keluargaku mengadakan misa syukur keluarga dan mengundang umat wilayah untuk hadir. Keluarga istriku juga diundang. Semula ada tiga hal yang ingin disyukuri sebagai ujub:
1. Adikku nomor tiga hamil 7 bulan setelah 5 tahun menikah.
2. Adikku nomor dua baru saja melahirkan anaknya yang kedua, perempuan.
3. Aku sendiri anak nomor satu baru saja menikah.

Tetapi menjelang perayaan Ekaristi dimulai, romo tidak memperkenankan ujub ketiga itu! Aku tidak sempat diberi tahu dan tidak sempat diajak bicara tentang pembatalan itu. Aku bersama keluarga istriku tiba terlambat, persis saat misa akan dimulai. Sepanjang misa itu tidak ada doa atau homili sepatah katapun yang menyebut perkawinanku di pagi hari yang sama. Bahkan, homili romo yang disertai lelucon dan gelak tawa umat terasa seperti pedang tajam yang menusuk hatiku. Tengkukku sampai kaku dan nafasku sesak. Selama misa itu perasaanku sama sekali tidak nyaman. Aku seperti orang asing di rumahku sendiri!

Dan benar, ada sesuatu yang tidak beres terjadi. Sehabis Doa Syukur Agung aku diminta untuk keluar dan diajak ke dapur. Di sana sudah menunggu Bapak, Pakdhe dan beberapa orang dekat lain. Oleh mereka aku diminta untuk mencegah keluarga istriku yang ingin pulang selagi misa belum selesai! Ya Tuhan! ternyata pembatalan ujub ketiga dan homili tadi itu juga dirasa sangat menyakitkan hati rombongan, yang nota bene tidak semuanya Katolik! Ada feeling of being humiliated.

Syukurlah, aku berhasil membujuk mereka untuk tetap tinggal sampai seluruh acara selesai, termasuk acara sambutan atas kehadiran rombongan yang semula sekalian ingin menyerahkan istriku ke tengah keluarga besarku.

Begitulah, suasana syukuran keluargaku menjadi tidak mengenakkan. Aku bertanya, "Apa yang salah dari semuanya ini?!" sementara orang lain bertanya, "Siapa yang salah?!" Dan kambing hitam pun harus ada! Siapa lagi kalau bukan pihak yang membatalkan ujub ketiga itu!

Demi buntut peristiwa yang seperti itu, aku menangis, benar-benar menangis! Jika dicari siapa yang salah, ya aku-lah biangnya! Siapa lagi?! Dan lagi, salah satu pertimbangan hingga aku memutuskan untuk mundur dari imamat adalah supaya kolegialitas imam-imam tidak turut tercemar oleh dampak "kenakalanku". Namun kini yang terjadi justru apa yang ingin aku hindari: salah satu sahabatku menjadi kambing hitam dan memperoleh umpatan yang sangat kasar.

Sekali lagi aku menangis karenanya. Seandainya ujub ketiga itu diganti menjadi ujub doa untuk yang berdosa ini - bukan ujub syukur - sebetulnya itu saja sudah memberi kesejukan. Orang berdosa ini berharap untuk masih bisa diterima di ruang ibadat, meskipun harus duduk di sudut pojok belakang.

Memang selayaknya aku menerima hukuman, dan aku telah menerimanya dengan cara seperti itu. Dengan perkawinanku aku mengambil resiko untuk menanggung konsekuensi gerejawi. Kini aku dan istriku tidak diperkenankan menyambut komuni dan sakramen-sakramen lainnya. Kami berdua sekarang ini masuk ke dalam ruang ibadat dengan kerinduan menyambut Tubuh dan Darah Kristus. Harapan dan kerinduan itulah yang kami rasa kini menjadi penggerak untuk hadir di sudut rumah Allah seraya memandang meja. Seperti apakah sekarang kami ini?

Pada suatu ketika, seorang ibu yang anak perempuannya kerasukan setan datang mendekat dan menyembah Yesus sambil berkata, "Tuhan, tolonglah aku." Tetapi Yesus menjawab, "Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing." Kata perempuan itu, "Benar Tuhan, namun anjing itu makan remah-remah yang jatuh dari meja tuannya." Maka Yesus menjawab dan berkata kepadanya, "Hai ibu, besar imanmu, maka jadilah kepadamu seperti yang kaukehendaki." Dan seketika itu juga anaknya sembuh. - Mat 15:12-28; Mrk 7:24-30.

Permohonan, kata-kata, dan iman perempuan itu memberi inspirasi kepada kami berdua untuk menghayati iman dalam pengharapan dan kerinduan akan pertolongan kasih Allah, meski saat ini kami hanya boleh menerima remah-remah dari meja perjamuan.

"Ya Tuhan, saya tidak pantas Tuhan datang kepada saya. Tetapi bersabdalah saja, maka saya akan sembuh." ***

9 comments:

  1. mas kandar..
    jebul panjenengan mantan pastur to?
    ngertia mbiyen aku ngaku dosa sik karo panjenengan.. hehehe..

    saya selalu sedih kalo mendengar ada pastur yang mengundurkan diri. tapi ya sebatas mengkhawatirkan berkurangnya gembala umat.. sama sekali tidak menyesalkan hak seseorang untuk terus menanggapi suara Tuhan, apapun itu diartikan.

    ok mas kandar, semoga selalu sukses menempuh hidup barunya.. terima kasih atas sharing pengalamannya yang sangat berharga. mudah2an nanti ada cerita detail kenapa waktu itu mantap menjadi romo trus kemudian mantap meninggalkannya (belum ditulis kan?).

    salam damai, daniel!

    ReplyDelete
  2. Hehehe...ya begitulah, Mas Daniel.
    Sebelumnya terima kasih sudah niliki blog ini dan ninggali komen. Jarang lho yang mau komentar di sini. Aku senang sekali...
    Tentu, nanti aku akan banyak cerita di sini tentang perjalananku yang mungkin banyak orang ingin mengetahui. Sebelum blog ini aku bikin khusus untuk tujuan sharing perjalanan hidupku yang "istimewa" ini aku memang agak ragu. Bukan rasa malu yang menghantui, tetapi apa yang sebaiknya aku mau sampaikan di sini. Uneg-uneg? Mungkin, tetapi terlalu bernilai ruangan ini kalau hany berisi enggres-enggres. Mending sesuatu yang lebih bernilai untuk vitalitas Kerajaan Allah.
    Sementara ini aku memang lebih berkonsentrasi di blog-blogku yang lain. Trus, ini blog untuk semacam tempat berlabuh, atau semacam "sanggar pamujan" di mana hubungan rohani dengan sesama dan Allah lebih diendapkan. Sedangkan blog-blog yang lainnya lebih untuk medan yang lebih luas, di mana para pengunjung semoga masih bisa menerima riak-riak imamatku.
    Hehehe...moga-moga tulisan-tulisanku di blog ini bisa memberi sesuatu yang berarti.

    Berkah Dalem, Mas Daniel!

    ReplyDelete
  3. Setiap pilihan hidup, apapun, menanggung konsekuensi bung! Nek awak dhewe jujur dengan pilihan hidup kita, ora akrobat penthalitan seka pembenaran yg satu ke yang lain, dengan rahmat gusti allah, kita bisa bertahan dan bertumbuh. Berkas Dalem, Bung!

    Salam
    Susilo Ari
    Kancamu seminari mertoyudan sing dadi kiper biyen!

    ReplyDelete
  4. Wek! Aduuuuh, Dab! Tengkyu byanget dolam mrene! Kaya siniram tirta windu sliramu jumedhul, gawe kejoting atiku!
    Jelas isih kelingan-ngan ta ya aku! Saiki nang ngendi je? Byuh-byuh...
    Bener kandhamu, Rie! Swetuju tur mathuk!
    Berkah Dalem uga kanggo sliramu sakulawarga, oh, Ari...

    ReplyDelete
  5. ndherek pitepangan mas kandar.

    awal aku buka blogmu karena keinginanku mendengarkan wayang ki hadi sugito. ku telusur profil mas kandar kok ada inisisl Ag.... "Agustinus"? sampai akhirnya sampai pada blogmu yang satu ini.
    sebagai sesama pengikut Yesus, bagi saya apa yang mas alami memang sangat manusiawi. Saya mempunyai adik yang masuk seminari (nama: aloysius budi kurniawan kalau mungkin kenal). dari seminari mertoyudan sampai seminari tinggi. ketika menjelang masa toper sesuatu yang mengejutkan terjadi, adikku mengundurkan diri dari seminari. sejenak kami sekeluarga kaget, terutama bapak. namun akhirnya kami menyadari bahwa memang bukan suatu pilihan yang mudah untuk akhirnya memutuskan untuk menjadi seorang imam. akhirnya secara terbuka adikku mengutarakan pengunduran dirinya ke lingkungan (kadang umat lingkungan lah yang justru terlalu berharap dan mengecap bhw seorang sudah masuk seminari pasti nanti jadi romo) memang sedikit susah umat melupakan keseharian mereka memanggil adikku; "frater" tapi karena keterbukaan dan keberanian adikku untuk mengungkapkan alasan pengunduran dirinya lama-lama mereka bisa menerimanya (TANPA MENCELA).
    Saya sependapat dengan Susilo Ari (teman mas kandar), hidup itu penuh dengan pilihan, penuh konsekuensi. Pilihan untuk hidup berkeluarga pun bukan suatu pilihan yang mudah. Kesetiaan & kecintaan pada Allah terwujud dalam "kesetiaan" pada pada pasangan. "Mencintai" pasangan tak hanya terwujud ketika "pernikahan" sudah terjadi tetapi mencintai pasangan harus menjadi suatu "proses" yang berjalan terus-menerus sepanjang hayat dan baru berhenti ketika kita mati. Allah tak pernah mengingat-ingat kesalahan kita, Dia senantiasa mencintai kita.
    Selamat menempuh hidup baru. Allah tetap mencintai dan menyertai mas sekeluarga.

    ReplyDelete
  6. Romo eh Mas Kandar YTH,

    AMDG,

    Mudah2 sukes menjalani panggilan hidup sebagai awam, lebih baik jadi awam yang menggarami dari pada romo sik aeng2

    Anda kan beruntung bisa dapat 7 sakramen, kalau kita kan paling banter 6.

    Apa betul di ekskomunikasi, setau saya kanonik nggak ada aturan untuk romo yang copot jubah dan menikah, apa situ sendiri yang takut sakrilegi ?

    Nah sementara cukup dulu yah, sorry kalau mau menggali luka batin yang lama, sukses dan selamat paskah

    Otto

    ReplyDelete
  7. # Mas Otto
    Terima kasih atas doanya untuk saya...
    Hehehe...sampai saat ini pun saya baru menerima 5 sakramen kok (seingat saya, belum pernah diminyak suci). Perkawinan saya kemaren itu hanya perkawinan "sipil". Lha, karena bukan Sakramen Perkawinan (karena saya belum mendapatkan laikalisasi dari Takhta Suci). Jadinya ya belum diperkenankan menyambut sakramen (Mahakudus) setiap kali mengikuti perayaan Ekaristi.
    Istilah "ekskomunikasi" dalam pengertian KHK memang membawa konsekuensi yuridis antara lain seperti itu. Kalau "ekskomunikasi" diartikan sebagai "dikeluarkan dari rombongan/komunitas Gereja Katolik", mmmm... kayaknya tidak 100%, deh! Saya bilang begitu, karena dalam pergaulan sehari-hari dengan umat beriman yang lain saya masih diterima dengan baik kok. Saya sendirilah yang harus tahu diri berkaitan dengan hukum Gereja Katolik itu.
    Soal "sacrilegi", saya lebih menaruh hormat daripada merasa takut padanya, karena rasa takut justru akan "mematikan" penghayatan iman yang lebih dalam. Oleh karena itu, saya berusaha untuk mengikuti jalan yang ditunjukkan, termasuk mematuhi proses yang harus dilalui untuk mendapatkan laikalisasi.

    Berkah Dalem, AMDG.

    ReplyDelete
  8. sudah berusaha mendapatkan laikalisasi?

    tn

    ReplyDelete
  9. semoga Para Uskup dan Para Imam masih terpanggil untuk membantu proses laikalisasi seperti yang dialami mantan religius. Sekedar bagi penghayatan Mrk 7:24-30. Untung Tuhan Yesus tidak menjawab pertanyaan seorzng ibu itu : "Ibu yang pinter ini hadiah untukmu roti sak kardus" haha...... Taaaapiiiiiii Tuhan kita menjawab " Hai, ibu besar imanmu jadilah kepadamu sesuai kehendakmu" Jadi yang menentukan kesembuhan abadi penyakit/dosa kita bukan perkara status imam atau jebolan imam melainkan soal IMAN, ayo mantapmantapan beriman terutama dalam perbuatan. Berbahagialah orang yang diundang dalam perjamuan Tuhan .......mari kita nikmati limpahnya santapan dalam mimbar Sabda .....sembali menunggu dengan setia berkah laikalisasi.

    ReplyDelete

WidgetBucks - Trend Watch - WidgetBucks.com